Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Pohon Aren, Pohon Dengan Seribu Manfaat - Desa Sindangpanon "Sapu Ijuk Pohon Aren"

Pohon Aren, Pohon Dengan Seribu Manfaat - Desa Sindangpanon

Sapu merupakan salah satu alat rumah tangga yang terbilang sederhana namun sangat penting untuk membersihkan rumah dari debu, sisa makanan, atapun sampah-sampah yang berserakan. Pada umumnya struktur sapu terdiri atas dua bagian besar yaitu gagang dan ijuk yang biasa terbuat dari bahan sintetis.
Uniknya di salah satu desa di Kabupaten Purwakarta tepatnya kampung sukaresmi, desa sindangpanon kecamatan bojong masih terdapat pengrajin sapu ijuk yang tetap eksis di tengah perkembangan zaman yang serba modern. Berbeda dengan sapu pada umumnya, produk sapu ijuk hasil olahan industri rumah tangga ini terbuat dari bahan yang berasal dari pohon aren. Adapun teknis pengolahan sapu ini diawali dengan melakukan sortir ijuk yang telah diperoleh, kemudian dipotong sesuai kebutuhan lalu masuk teknis penyisiran untuk merapikan ijuk itu sendiri menggunakan besi runcing. Setelah itu ijuk ditumpuk beberapa lembar kemudian digulungkan ke batang sapu yang terbuat dari bambu atau rotan, lalu diikat. Kemudian dibagian atas ijuk dianyam untuk memperkuat kerapatan terhadap batang sapu.
Salah seorang ibu pengrajin yang dikenal dengan sebutan bu komariah mengatakan bahwa dalam satu hari dapat memproduksi 30 hingga 50 sapu ijuk dengan harga Rp.15.000 perbatangnya. “Memproduksi sapu ijuk ini tidak semua orang bisa, harus memiliki ketelatenan dan keahlian khusus terutama dalam teknis penganyaman.
Tentu ini merupakan salah satu keunggulan produk lokal unggulan yang perlu dilestarikan dan dikembangkan baik dari produksinya hingga pemasarannya

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler